e-banking
Fitur
solusi perbankan Online memiliki banyak fitur dan kemampuan yang sama, tetapi secara tradisional juga memiliki beberapa aplikasi yang spesifik.
Fitur-fitur umum luas jatuh ke dalam beberapa kategori
• Transaksional (misalnya, melakukan transaksi keuangan seperti account untuk transfer rekening, pembayaran tagihan, transfer ... dan aplikasi ... mengajukan pinjaman, account baru, dll)
penyajian dan pembayaran tagihan Elektronik - EBPP
Dana transfer antar memeriksa sendiri pelanggan dan rekening tabungan, atau ke account lain pelanggan
Investasi pembelian atau penjualan Pinjaman aplikasi dan transaksi, seperti pembayaran dari pendaftaran
Non-transaksional • (misalnya, laporan online, link cek, cobrowsing, chatting)
Laporan Bank
• Administrasi Lembaga Keuangan -
• Mendukung banyak pengguna yang memiliki berbagai tingkat kewenangan
• Transaksi proses persetujuan
• Wire transfer
Fitur umumnya unik untuk perbankan internet termasuk
• Pribadi dukungan manajemen keuangan, seperti mengimpor data ke dalam perangkat lunak akuntansi pribadi. Beberapa perbankan platform online dukungan agregasi account untuk memungkinkan pelanggan untuk memantau seluruh account mereka di satu tempat apakah mereka dengan bank utama mereka atau dengan lembaga lain.
Sejarah
Pendahulu untuk jasa rumah perbankan modern online adalah layanan perbankan jarak lebih dari media elektronik dari awal 1980-an. Istilah online menjadi populer di akhir '80-an dan mengacu pada penggunaan keyboard, terminal dan TV (atau monitor) untuk mengakses sistem perbankan menggunakan saluran telepon. 'Perbankan Home' juga dapat merujuk kepada penggunaan keypad numerik untuk mengirim nada menuruni saluran telepon dengan instruksi ke bank. Layanan online dimulai di New York pada 1981 ketika empat dari bank-bank besar di kota (Citibank, Chase Manhattan, Kimia dan Produsen Hanover) menawarkan layanan perbankan rumah dengan menggunakan sistem videotex. Karena kegagalan komersial videotex layanan perbankan ini tidak pernah menjadi populer kecuali di Prancis dimana penggunaan videotex (Minitel) disubsidi oleh penyedia telekomunikasi dan Inggris, dimana sistem Prestel digunakan.
rumah pertama Inggris layanan perbankan online didirikan oleh Bank of Scotland bagi para pelanggan dari Nottingham Bangunan Society (NBS) pada tahun 1983. Sistem yang digunakan adalah berdasarkan sistem Prestel Inggris dan menggunakan komputer, seperti Micro BBC, atau keyboard (Tandata Td1400) yang terhubung ke sistem telepon dan televisi. Sistem (dikenal sebagai 'Homelink') diperbolehkan melihat on-line laporan, transfer bank dan pembayaran tagihan. Dalam rangka untuk melakukan transfer bank dan pembayaran tagihan, suatu instruksi tertulis memberikan rincian dari penerima yang dimaksud harus dikirim ke NBS yang mengatur rincian di sistem Homelink. penerima khas adalah gas, listrik dan telepon perusahaan dan rekening pada bank lain. Rincian pembayaran yang akan dilakukan adalah masukan ke dalam sistem NBS oleh pemegang rekening melalui Prestel. Sebuah cek kemudian dikirim oleh NBS kepada penerima pembayaran dan saran memberikan rincian pembayaran dikirim kepada pemegang rekening. BACS kemudian digunakan untuk mentransfer pembayaran langsung.
Stanford Federal Credit Union adalah lembaga keuangan pertama yang menawarkan layanan internet perbankan online ke semua anggota pada bulan Oktober 1994. Saat ini, banyak bank bank internet saja. Tidak seperti pendahulu mereka, internet ini hanya bank tidak memelihara cabang bata dan mortir bank. Sebaliknya, mereka biasanya membedakan dirinya dengan menawarkan tingkat suku bunga yang lebih baik dan fitur online banking.
Keamanan
Perlindungan melalui otentikasi password tunggal, seperti yang terjadi di sebagian besar situs belanja internet yang aman, tidak dianggap cukup aman untuk pribadi aplikasi online banking di beberapa negara. Pada dasarnya terdapat dua metode keamanan yang berbeda bagi perbankan online.
• PIN / TAN sistem dimana PIN merupakan password, yang digunakan untuk login dan password Tans mewakili satu kali untuk otentikasi transaksi. Tans dapat didistribusikan dengan cara yang berbeda, yang paling populer adalah untuk mengirim daftar Tans kepada pengguna online banking melalui surat pos. Cara yang paling aman menggunakan Tans adalah untuk menghasilkan mereka oleh kebutuhan menggunakan keamanan token. Tans ini token yang dihasilkan tergantung pada waktu dan sebuah rahasia yang unik, disimpan dalam keamanan token (ini disebut dua faktor otentikasi atau 2FA). Biasanya perbankan online dengan PIN / TAN dilakukan melalui web browser menggunakan koneksi dijamin SSL, sehingga tidak ada enkripsi tambahan yang diperlukan.
Cara lain untuk memberikan Tans kepada pengguna online banking, adalah mengirimkan TAN transaksi bank saat ini untuk (GSM) ponsel pengguna melalui SMS. Teks SMS biasanya mengutip jumlah transaksi dan rincian, TAN hanya berlaku untuk jangka waktu yang singkat. Terutama di Jerman dan Austria, banyak bank telah diadaptasi ini "SMS TAN" pelayanan karena dianggap sebagai sangat aman.
• Tanda tangan perbankan online berbasis di mana semua transaksi ditandatangani dan dienkripsi secara digital. Kunci untuk generasi tanda tangan dan enkripsi dapat disimpan pada Smartcard atau media memori, tergantung pada pelaksanaan beton.
Serangan
Sebagian besar serangan terhadap perbankan online digunakan saat ini adalah berdasarkan menipu pengguna untuk mencuri data login dan Tans valid. Dua contoh terkenal bagi mereka serangan phishing dan pharming. Cross-site scripting dan keylogger / kuda Trojan juga dapat digunakan untuk mencuri informasi login.
Metode untuk menyerang tanda tangan metode berbasis perbankan online adalah untuk memanipulasi perangkat lunak yang digunakan dengan cara, bahwa transaksi yang benar akan ditampilkan pada layar dan memalsukan transaksi ditandatangani di latar belakang.
Sebuah FDIC Laporan Insiden Teknologi baru-baru ini, disusun dari bank laporan kegiatan yang mencurigakan file triwulanan, daftar 536 kasus penyusupan komputer, dengan kerugian rata-rata per insiden sebesar $ 30.000. Yang menambahkan sampai kerugian hampir $ 16-juta pada kuartal kedua tahun 2007. Komputer intrusi meningkat sebesar 150 persen antara kuartal pertama tahun 2007 dan yang kedua. Dalam 80 persen dari kasus, sumber intrusi tidak diketahui namun terjadi selama perbankan online, menyatakan laporan.
Jenis terbaru dari serangan adalah Manusia yang disebut dalam serangan Browser, dimana Trojan horse memungkinkan penyerang remote untuk memodifikasi nomor tujuan rekening dan juga jumlahnya.
Penanggulangan
Terdapat beberapa tindakan pencegahan yang mencoba untuk menghindari serangan. Sertifikat digital digunakan terhadap phishing dan pharming, penggunaan kelas-3 pembaca kartu adalah ukuran untuk menghindari manipulasi transaksi oleh perangkat lunak dalam tanda tangan berdasarkan varian perbankan online. Untuk melindungi sistem mereka terhadap trojan horse, pengguna harus menggunakan scanner virus dan berhati-hati dengan software download atau lampiran e-mail.
Pada tahun 2001 FFIEC menerbitkan panduan untuk otentikasi multifaktor (MFA) dan kemudian diminta untuk berada di tempat pada akhir tahun 2006.
[ sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Online_banking ]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar